Home » Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP)

JADWAL PENDAFTARAN

Senin s/d Kamis
Jam 07:30 s/d 12:00 WIB

Jum’at
Jam 07:30 s/d 10:30 WIB

Sabtu
Jam 07:30 s/d 11:00 WIB

JADWAL PELAYANAN

Senin s/d Kamis
Jam 07:30 s/d 14:30 WIB

Jum’at
Jam 07:30 s/d 11:30 WIB

Sabtu
Jam 07:30 s/d 13:00 WIB

LINK TERKAIT

Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP)

Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) merupakan suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.
Berikut adalah kegiatan UKP di Pusat Kesehatan Masyarakat Kalasan :

1. PELAYANAN RAWAT JALAN

JAM PENDAFTARAN:
Senin s/d Kamis
Jam 07:30 s/d 12:00 WIB

Jum’at
Jam 07:30 s/d 10:30 WIB

Sabtu
Jam 07:30 s/d 11:00 WIB

JAM PELAYANAN:
Senin s/d Kamis
Jam 07:30 s/d 14:30 WIB

Jum’at
Jam 07:30 s/d 11:30 WIB

Sabtu
Jam 07:30 s/d 13:00 WIB

a. POLI UMUM

Pelayanan ini menyediakan pemeriksaan, konsultasi, dan pengobatan untuk keluhan kesehatan secara umum selain kondisi gawat darurat. Pelayanan kesehatan di BP Umum dilakukan oleh beberapa orang yaitu dokter umum dan perawat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pelayanan BP Umum juga terintegrasi dengan semua pelayanan-pelayanan lain yang ada di Puskesmas Kalasan.

b. POLI GIGI

Poli gigi merupakan salah satu dari jenis layanan di puskesmas kalasan yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian tindakan medis dasar kesehatan gigi dan mulut seperti penambalan gigi, pencabutan gigi dan pembersihan karang gigi, juga melayani tindakan medis spesialistik tingkat pertama seperti perawatan saluran akar pada gigi anterior atau gigi satu saluran akar.

c. POLI KIA/KB

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat. Perhatian khusus harus diberikan terhadap peningkatan kesehatan ibu dan anak meliputi ibu hamil, bayi baru lahir (BBL), Balita, Wanita Usia Subur (WUS) dan peri-menopause/menopause. Untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi pada masa itu, dilakukan pelayanan kesehatan terpadu (Pelayanan Gizi, Laboratorium, BP Gigi & Mulut, BP Umum, dan Pelayanan Psikologi).

Pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi merupakan suatu upaya yang dilakukan secara sengaja untuk mengatur kehamilan dalam keluarga dengan cara-cara yang sesuai norma hukum dan moral agar tercapai kesehatan keluarga. Tujuan dari pelayanan ini adalah untuk memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan ibu, anak, dan keluarga; Meningkatkan taraf hidup dengan mengurangi angka kelahiran; Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan KB yang berkualitas; Menjadi bagian dari upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi; serta Penanggulangan masalah kesehatan reproduksi.

JADWAL PEMERIKSAAN POLI KIA/KB
 

HARI PELAYANAN
SENIN ANC (PEMERIKSAAN HAMIL
SELASA IMUNISASI PENTABIO & IPV POLIO

SELASA MINGGU 1 & 3  IMUNISASI BCG & MR

RABU ANC (PEMERIKSAAN HAMIL
KAMIS PELAYANAN KB (IUD, IMPLANT, SUNTIK, CO, PIL)

PELAYANAN IVA & IMS

JUM’AT PELAYANAN KB (SUNTIK, CO, PIL)
SABTU PELAYANAN KB (SUNTIK, CO, PIL)

PELAYANAN TINDIK BAYI

SENIN – SABTU PELAYANAN BALITA SAKIT DAN CATEN

d. LABORATORIUM

Sebagai pelayanan penunjang di Puskesmas Kalasan, Pelayanan di Laboratorium dikelola beberapa Analis yang setiap hari melakukan pemeriksaan pasien yang datang baik pasien rawat jalan maupun rawat inap.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui jenis penyakit yang di derita pasien. Pemeriksaan Yang dilayani sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan Darah Rutin
  2. Feses Rutin

e. FISIOTHERAPI

Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan professional yang menangani permasalahan gangguan fisik dan fungsi gerak tubuh melalui berbagai terapi fisik. Fisioterapi akan membantu meredakan rasa sakit seperti; cedera olah raga, arthritis, sakit pada leher dan punggung dan berbagai nyeri otot lainnya, dan secara perlahan membantu anda untuk dapat beraktifitas kembali secara normal.

Adapun beberapa kasus ganguan kesehatan yang mampu ditangani dengan metode Fisioterapi adalah: Rematik, linu, nyeri sendi jari-jari tangan dan kaki (osteoarthritis) Sakit dan kaku pada bahu (frozen shoulder) Sprain or strain Kekakuan sendi setelah operasi Nyeri dan sakit pada sikut akibat olahraga atau aktifitas lain Ketegangan, kaku dan nyeri pada otot (spasme) Asam urat tinggi sehingga terjadi nyeri (gout disease) Pasca pelepasan gips Taji tumit (valvaneus spurs) Tengeng (torticoluis) Keterbatasan gerak pasca operasi Radang tendon Nyeri otot Kasus pada system syaraf: Kelemahan atau kaku pada separuh badan (Stroke) Kaku dan nyeri pada kuduk yang menjalar Mulut miring (bell’s palsy) Sakit pinggan atau nyeri boyok (LBP) Trempr, gangguan koordinasi, tidak bisa jalan lurus (Parkinson disease) Kelemahan atau kelumpuhan anggota gerak bawah (paraparese / papaplegi) Neuropati DN.

f. POLI GIZI

Pelayanan gizi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi dan kemampuan individu/keluarga dalam mengatasi masalah gizi yang dihadapi malalui perubahan pola makan. Pelayanan gizi dilakukan kepada individu sepanjang tahap perkembangannya, mulai dari bayi, balita, anak, remaja, dewasa, hingga lansia untuk mengatasi berbagai permasalahan dan penyakit terkait pola makan. Selain itu juga menyediakan pelayanan konseling laktasi kepada ibu untuk membantu proses menyusui berjalan dengan baik dan nyaman sehingga program ASI eksklusif dapat tercapai.

g. PSIKOLOGI

Kesejahteraan psikologis merupakan suatu kondisi yang tidak bisa dilepaskan dari kesehatan fisik. Kondisi psikologis dan kondisi fisik merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi tercapainya kesehatan yang optimal, Puskesmas Kalasan menyediakan pelayanan psikologi bagi masyarakat secara komprehensif meliputi upaya promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif. Pelayanan psikologi di Puskesmas Kalasan menyediakan pelayanan konseling individual bagi anak, remaja, dewasa maupun lansia; konseling pasangan, konseling keluarga, maupun konseling kelompok. Pelayanan psikologi terintegrasi dengan pelayanan lain yang ada di Puskesmas Kalasan.

h. FARMASI

Pelayanan kefarmasian pada saat ini telah berubah paradigmanya dari orientasi obat kepada pasien yang mengacu pada asuhan kefarmasian (Pharmaceutical Care). Sebagai konsekuensi perubahan orientasi tersebut, apoteker/asisten apoteker sebagai tenaga farmasi dituntut untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku agar dapat berinteraksi langsung dengan pasien.
Pelayanan kefarmasian meliputi pengelolaan sumber daya (SDM, sarana prasarana, sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan serta administrasi) dan pelayanan farmasi klinik (penerimaan resep, peracikan obat, penyerahan obat, informasi obat dan pencatatan/penyimpanan resep) dengan memanfaatkan tenaga, dana, prasarana, sarana dan metode tatalaksana yang sesuai dalam upaya mencapai tujuan.

2. PELAYANAN RAWAT INAP

Pelayanan rawat inap Puskesmas Kalasan merupakan pelayanan kesehatan perseorangan yang meliputi observasi, diagnosis, pengobatan, keperawatan, rehabilitasi medik dengan menginap di ruang rawat inap Puskesmas Kalasan. Pelayanan rawat inap bertujuan melakukan perawatan pasien yang dengan penyakitnya harus menginap dan menolong persalinan normal dengan rata-rata 3-5 hari perawatan, merawat sementara penderita gawat darurat atau untuk observasi penderita, melakukan pertolongan sementara untuk pengiriman penderita ke rumah sakit.

3. 24 JAM TERBATAS

Pelayanan 24 Jam Terbatas merupakan salah satu bagian pelayanan di Puskesmas Kalasan yang bertugas untuk melakukan tindakan medis dan terapi untuk mencegah kematian dan kecacatan akibat kecelakaan atau penyakit tertentu. Pelayanan yang dilakukan meliputi observasi, diagnosis, pengobatan, dan tindakan medis secara cepat terhadap kondisi gawat darurat

Statistik Kunjungan